Sejarah singkat kampung Poncowarno Kec. Kalirejo Lampung Tengah

Kampung poncowarno merupakan kampung yang padat penduduknya yang terletak di kecamatan kalirejo kabupaten lampung tengah dengan dihiasi persawahan dan perladangan yang subur dan indah dilintasi jalan provinsi disambungkan dengan jalan yang beraspal dan jalan onderlagh yang menghubungkan satu dusun dengan dusun yang lain atau desa yang lain, kampung poncowarno terbagi dalam 12 dusun dan 36 rt.

kampung poncowarno berasal dari bahasa jawa yaitu kata “panca” arti “lima” dan “warno” arti “warna” yang berarti menjadi poncowarno adalah sebuah nama kampung yang terdiri dari lima orang pendiri kampung poncowarno dan warna yaitu berbagai macam suku yang ada dikampung poncowarno.

dipenghujung tahun 1951, ditengah-tengah hutan belantara datanglah lima orang dari pulau jawa yang transmigrasi ke pulau sumatera dan kelima orang tersebut memilih lampung untuk membuka lahan baru mereka, kelima orang tersebut adalah : sandirejo, parto, rejo, wiryo rejo, dan talkim. mereka datang dari pulau jawa yang membuka hutan dan konon cerita banyak penghuni binatang buas yang hidup, setelah membuka hutan dan mengusir binatang buas mereka segera mendatangkan orang-orang dari pulau jawa dan menjadi sebuah perdesaan.

satu tahun kemudian tepatnya pada tanggal 11 maret 1952 pradesa yang sudah lengkap dengan fasililtaas bangunan-bangunan sosial dan lainnya, mereka menobatkan lahan yang mereka buka menjadi sebuah desa dengan nama poncowarno, yang terdiri dari lima suku yaitu jawa, sunda, padang, batak dan lampung, sehingga sampai sekarang nama poncowarno dengan arti ponco “lima” dan warno “warna”. 

dan resmi menjadi sebuah desa dan kepala desa yang pertama adalah bapak sandirejo.