5 Game Facebook Legendaris yang dimainkan di warnet

Iklan/Advertisment
Iklan/Advertisment
 


Kalian yang sudah menggunakan facebook sejak tahun 2010-an pasti tidak asing lagi dengan game facebook yang sedang booming kala itu. Game-game tersebut tentunya meninggalkan kenangan yang sulit untuk dilupakan oleh para penggemarnya. Tidak jarang banyak penggemar game ini sekarang meminta kepada pengembangnya untuk mengembalikan game tersebut agar dapat dimainkan kembali, tetapi  tidak digubris . Berikut adalah 5 game facebook legendaris dari yang kini sudah tutup hingga sepi peminat yang dirangkum berdasarkan sudut pandang saya sebagai pemainnya.
  

  1. Ninja Saga

       Siapa yang tidak kenal game yang satu ini? Ya, Ninja Saga adalah salah satu game legendaris di facebook yang dikembangkan oleh Emagist Entertainment Limited, bergenre RPG-Turn based. Di dalam game ini, kita akan memainkan peran sebagai ninja yang diberi tugas oleh kage (pimpinan desa) untuk menjalankan berbagai macam misi dan setiap misinya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda.

    Bermain di Mode PvP

       Menurut saya, game ini terinspirasi dari anime Naruto dimana hampir semua yang ada di dalam game ini, mulai dari jalan cerita hingga karakter sangat mirip seperti anime Naruto. Asiknya bermain game ini yaitu kita bisa mengkostumisasi karakter ninja kita sesuai keinginan kita, misalnya penampilan, elemen jurus yang digunakan (maksimal memilih dua elemen untuk free player), memilih talent, PvP dan sebagainya. Sayangnya, semenjak munculnya banyak game online baru seperti Point Blank dan banyaknya penggunaan program ilegal (cheat) menjadikan game ini mulai kehilangan peminatnya.
       
  2. Pet Society
       

       Pet Society adalah game bergenre simulasi yang dikembangkan oleh Playfish. Di dalam game ini, kita bisa membuat karakter berwujud hewan yang selanjutnya akan kita urus seperti memberi makan, bermain bersama, memandikannya, dan sebagainya.
    Karakter saya di Pet Society
    Rumah saya dari karakter saya
       Tidak sekadar mengurus, banyak aktivitas yang bisa kita lakukan bersama karakter kita di dunia game ini, seperti balapan lari, memancing, berkebun dan bahkan kita bisa mengunjungi rumah teman kita yang sama-sama bermain game ini jika kita telah berteman di facebook sebelumnya.

       Pet Society sendiri telah resmi ditutup pada 14 Juni 2013 oleh Electronic Arts selaku pemilik Playfish sejak tahun 2009 yang tentunya meninggalkan luka yang mendalam bagi para penggemarnya, termasuk saya. Saya sendiri tidak habis pikir kenapa game ini ditutup padahal game ini memiliki penggemar yang banyak sekali, sampai-sampai kalau tidak salah pernah muncul petisi dari jutaan penggemar untuk menolak penutupan game ini di twitter. Walaupun sekarang di platfrom mobile telah bermunculan game-game serupa. Namun, belum saja mampu menyaingi keseruan dari Pet Society menurut saya.
       
  3. Restaurant City
       
       Sesuai namanya, Restaurant City adalah game facebook yang bergenre simulasi dimana kita sebagai pemain ditugaskan untuk menjalankan sebuah rumah makan dengan tujuan untuk memperoleh untung yang sebesar-besarnya. Pengembang game ini yaitu Playfish, sama seperti Pet Society.

    Green Resto milik kakak saya 😂      
        Asiknya dari game ini yaitu kostumisasi rumah makan yang sangat banyak mulai dari karyawan yang bisa kita rekrut dari teman facebook kita yang bermain game ini serta menggganti seragamnya, berbagai macam resep makanan yang bisa dipilih dan dibuat, backsound restoran yang bervariasi, dekorasi-dekorasi restoran yang unik dan kadang memiliki efek tertentu dalam permainan, desain karakter yang lucu dan event baru yang ada setiap minggunya. Saya sendiri pernah menjadi pecandu game ini ketika masih SD hingga log in facebook selama 60 hari berturut-turut demi memainkan game ini dan tentunya tidak sekadar log in, malahan setiap harinya minimal 2 jam saya bermain game ini.
             

       Bernasib sama seperti Pet Society, game ini resmi ditutup oleh Electronic Arts selaku pemilik Playfish pada tanggal 29 Juni 2012.   
     
  4. Empires & Allies
       
       

       
       Empires &Allies adalah salah satu game besutan Zynga bergenre Turn-based strategy dimana kita sebagai pemain memegang kuasa atas sebuah negara kepulauan dengan tujuan utama mencapai kejayaan dan memberantas musuh utama kita yaitu The Raven yang  memiliki daerah kekuasasaan kepulauan juga. Tiap pulau yang dimiliki The Raven memiliki satu komandan atau bos yang harus dikalahkan, yang saya ingat hanya beberapa nama bos contohnya Baron dengan kendaraan khasnya yaitu pesawat dan bos terakhir yang dalam Bahasa Indonesia bernama Si Gagak dengan kendaraan khasnya yaitu kapal perang
       
    Pertempuran antara angkatan darat dan angkatan udara

       Keseruan dalam bermain game ini yaitu kita bisa bebas menata negara kita layaknya seorang presiden, sistem pertarungan yang mudah dimengerti dengan konsep gunting-kertas-batu seperti pokemon, angkatan perang yang bervariasi mulai dari darat, laut dan udara yang bisa kita produksi untuk kepentingan perang. Kita tidak bisa bermain sendiri di dalam game ini karena banyak sekali pembangunan dan riset militer yang membutuhkan tenaga dari pemain lain, maka tidak jarang banyak ditemukan akun facebook palsu yang digunakan untuk mempermudah dalam bermain game ini.
        
    Empires & Allies versi mobile

       Empires &Allies resmi ditutup pada tanggal 17 Juni 2013. Dua tahun kemudian, Zynga kembali meluncurkan game yang berjudul sama di platfrom mobile, tetapi sayangnya memiliki gameplay yang jauh berbeda dari Empires & Allies yang ada di facebook.
         
  5. Wild Ones
        


       

       Wild Ones adalah game bergenre PvP Turn-based shooting yang dikembangkan oleh Playdom. Tujuan dari permainan ini yaitu membunuh lawan sebanyak-banyaknya dimana lawan kita merupakan pemain sungguhan. Kita sebagai pemain diberi kebebasan dalam memilih karakter dan senjata yang akan digunakan dalam pertempuran. Namun, tidak semua karakter dan senjata dapat digunakan dengan gratis karena ada beberapa yang hanya bisa digunakan atau dibuka dengan membelinya menggunakan uang sungguhan.


       Bermain game ini sangat seru karena banyak karakter hewan yang bisa kita gunakan dan masing-masing karakter memiliki kelebihannya , misalnya kelinci dengan kemampuan mampu melompat lebih tinggi, monyet yang bisa gelantungan, dan sebagainya. Senjatanya pun bervariasi, mulai dari melee weapon seperti gergaji mesin hingga Game Over Nuke yang mampu meluluhlantakkan arena permainan. Kita bisa membuat tim dengan teman facebook kita untuk menggempur pemain lainnya dalam pertarungan.
       

        

       Wild Ones resmi ditutup pada tanggal 28 Agustus 2013. Menurut informasi yang saya cari, tampaknya game ini kembali diluncurkan dengan nama "Wild Ones Remake" yang dapat kamu mainkan di facebook.
   

   Demikian 5 Game Facebook Legendaris yang dimainkan di warnet
Iklan/Advertisment