Apa itu Mechanical Keyboard : Keyboard-nya gamer?

Iklan/Advertisment

Keyboard komputer dikalsifikasikan oleh switch (tombol saklar dalam bahasa Indonesia ) yang digunakan oleh keyboard/papan ketiknya, jenis yang sedang populer dipakai oleh gamer saat ini adalah jenis Mechanical Keyboard atau papan ketik mekanikal yakni adalah sebuah keyboard yang menggunakan teknologi spring activated (ada pegas/per disetiap tombol/tuts nya) dalam switch keyboard, dengan material yang baik dan durable sehingga keyboard bertahan lama dan penggunanya menikmati sensasi nyaman daat menggunakan nya karena ada sistem mekaniknya tadi berupa pegas/spring nya. warnet gea juga menggunakan keyboard ini demi kenyaman user gamer di warnet kami.



Teknologi Mechanical Keyboard 

Teknologi keyboard adalah salah satu teknologi yang lambat dalam perkembangannya, Mechanical Keyboard sebenarnya adalah teknologi lama yang kini kembali  populer, terlebih setelah meningkatkan jumlah gamers. Mechanical Keyboard adalah keyboard yang diproduksi dengan teknologi Spring Activated dalam bentuk individual switch yang ditanam ke dalam keyboard. Hal ini berbeda dari keyboard membrane yang menggunakan lembaran silikon seukuran area aktif keycap keyboard. 



Tidak banyak perbedaan yang mempengaruhin perkemabngan teknologi keyboard secara signifikan dari tiap generasi kecuali satu hal yaitu peralihan generasi Membrane Dome ke era Mechanical Keyboard. Teknologi membrane dome adalah teknologi keyboard yang sudah lama sekali diimplementasikan ke sebagian besar keyboard di pasaran, sebuah lapisan silicon ditempatkan tepat dibawah tombol keyboard yang nantinya akan mengaktifkan lapisan circuit yang terdapat di bawah memrane silicon. Sedangkan mechanical keyboard adalah teknologi keyboard yang menempatkan individual switch pada masing masing tombol di keyboard sehingga menghasilkan experience ber-keyboard ria sangat berbeda ketika menggunakan teknologi membrane dome. Simak beberapa alasan berikut ini bagi teman teman yang belum ataupun sedang ingin dan masih ragu ragu untuk berpindah ke keyboard yang memiliki mechanical switch.

Pernah mencoba menekan beberapa tombol secara bersamaan di komputer dan tidak semuanya muncul di layar? itulah yang dinamakan ghosting. Karena sirkuit di keyboard nya yang sederhana, membrane dome based keyboard tidak mampu untuk menerima beberapa input secara bersamaan. Hal ini tidak akan kita temui di mechanical keyboard karena setiap tombolnya memiliki individual switch. Semua input yang kita masukkan di dalam keyboard, sebanyak apapun itu akan diterima semua oleh keyboard dan ditampilkan di layar. Satu satunya pembatas adalah jumlah jari yang kita miliki. Kemampuan inilah yang dinamakan Anti-Ghosting.


Mechanical Keyboard umumnya digunakan para gamers karena mampu memberi tekanan yang lebih mantap daripada keyboard biasa. Bagi pengguna komputer yang sangat intens atau bagi hardcore gamer yang bisa menghabiskan sampai 8 jam per hari di depan komputer, kenyamanan saat mengetik menggunakan keyboard adalah sebuah keharusan. Banyak sekali testimoni dari beberapa gamer maupun user biasa setelah menggunakan mechanical keyboard akan malas bahkan tidak mau untuk menggunakan keyboard membrane lagi. Alasannya adalah soal kenyamanan. Dengan individual switch di masing masing tombol yang bisa kita pilih sendiri karakternya, mechanical keyboard menjadi lebih customizable dengan apa yang diinginkan user yang menggunakannya.

Berbagai Macam Switch Mechanical Keyboard

Mechanical Keyboard menggunakan switch khusus yang didesain agar penggunakanya merasakan sensasi berbeda ketika menekannya. Masing-masing switch tersebut memiliki karakteristik berbeda untuk kepentingan berbeda pula. Setidaknya ada tujuh jenis switch utama yang biasanya ada pada Mechanical Keyboard, 

Tiap tombol di mechanical keyboard memiliki sejenis spring yang ketika tombol ditekan maka akan memberikan tekanan balik yang terasa di jari. Selain itu suara clicky juga akan terdengar lebih keras di keyboard ini, membuatnya menghasilkan noise yang lebih tinggi dari membrane dome keyboard. Hal ini mungkin akan menyebabkan keyboard lebih keras dan berisik untuk digunakan, tetapi tidak demikian kasusnya disini. Sebuah perusahaan yaitu ZF Electronics membuat beberapa jenis mechanical switch bernama CherryMX yang memiliki beberapa jenis kode warna. Beberapa warna yang terkenal diantaranya adalah Blue, Black, Red, dan juga Brown. Nah kode warna inilah yang akan menentukan karakter mechanical keyboard. CherryMX Black dan Blue memiliki karakter yang keras dan clicky untuk ditekan, CherryMX Red memiliki karakter yang lebih ringan untuk ditekan tetapi tetap memiliki suara clicky, sedangkan CherryMX Brown juga memiliki karakter yang ringan tetapi mengeliminasi tingkat noise clicky yang dihasilkan.

Dengan desainnya yang eye-catching dan terkesan gagah, mechanical keyboard nampak keren untuk menghiasi meja gaming kita maupun memberikan kesan “pro” pada saat turnamen gaming. Selain itu sebagian besar mechanical keyboard pun sekarang telah memiliki backlight led baik itu rgb maupun mono led yang dapat dicustom sendiri karakter pencahayaannya, sesuatu yang masih sulit untuk dilakukan oleh membrane dome based keyboard.

Karakteristik / perbedaan swith pada Mechanical Keyboard

Berikut adalah penjelesan lebih detail mengenai switch Cherry MX yang umum di pasaran.

Cherry MX Black Switches

cherry mx black switches

Gaya yang diperlukan: 60g
Feeling yang diberikan: Linear, non-tactile, non-clicky (seperti sewaktu kita menekan bolpen, sebelum ujung bolpennya keluar, ada per yang menahan tekanan kita kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: non-existent kecuali suara per dan suara ketika bottoming out
Keuntungan: Berat (meminimalisir, sangat, kecelakaan tombol yang terpencet secara ga sengaja), tidak berisik, feel yang unik
Kerugian: Berat (beberapa orang tidak betah mengetik menggunakan black switch)


Cherry MX Blue Switches


Cherry MX Blue Switches


Gaya yang diperlukan: 50g
Feeling yang diberikan: Tactile, dan clicky (seperti menekan bolpen, saat ujung pulpennya keluar, ada suara click yang diberikan kan? Seperti itu juga feelnya)
Suara: cukup keras, high pitched sound
Keuntungan: Kita tahu kapan tombol yang kita tekan sudah benar-benar ter-register, suara yang diberikan (beberapa orang senang dengan bunyinya), dan rasa clickynya
Kerugian: Suara yang diberikan (beberapa orang tidak tahan dengan bunyinya)


Cherry MX Brown Switches


Cherry MX Brown Switches

Gaya yang diperlukan: 45g
Feeling yang diberikan: Tactile, non-clicky
Suara: hampir tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa ada tombol yang terpencet secara tidak sengaja - very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel 
(terutama yg suka bunyi2an) apa pun yang diberikan.

Cherry MX Red Switches


Cherry MX Red Switches

Gaya yang diperlukan: 45g
Feeling yang diberikan: non-tactile, non-clicky
Suara: tidak terdengar kecuali pemilik telinga sensitif, hanya bersuara ketika bottoming-out
Keuntungan: Ringan (beberapa orang senang dengan tombol yang ringan), tidak berisik
Kerugian: Ringan (bagi yang memiliki jari super berat, bisa ada tombol yang terpencet secara tidak sengaja - very rare case), dan membosankan, karena tidak ada feel
(terutama yang suka bunyi-bunyian) apa pun yang diberikan.



Apa yang perlu diperhatikan saat membeli mechanical keyboard

  1.         Switch – Clicky or Quiet, Tactile or linear ? – Switch merupakan hal yang paling penting dalam menentukan pilihan. Tidak ada switch yang sempurna bagi semua orang, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mencoba semua switch satu per satu. Kamu akan merasakan fantasinya. Perbedaan berbagai macam switch mechanical ada di atas.
  2.         Build Quality – Ini sangat subjektif, it’s your choice ! Jangan mudah percaya dengan review yang bilang jelek, dan sebagainya. Jelek bagi orang lain belum tentu jelek bagi kamu, semua pilihan ada di tangan mu.
  3.         N-Key Rollover Capability – Rata-rata keyboard mechanic mampu mendeteksi 2-8 keys secara bersamaan, hal ini mungkin berguna dalam penggunaan sehari-hari. Tetapi ingat jari mu hanya ada 10, pilihlah dengan bijak.
  4.         Features – Keyboard mechanical yang high-end, hampir sama sekali gak ada fitur istimewanya (nothing special). Mau cari fitur macro, usb hub, multimedia button, dan sebagainya ? -> Gaming Keyboard.
  5.         Price – Terakhir dan paling penting, bijaklah dalam memilih keyboard ini. Kamu yang memilih kamu yang menentukan, kami di sini hanya memberikan saran dan sedikit racun yang tidak mematikan.

Kesimpulan

Menggunakan mechanical keyboard akan membuat kita lebih cepat dalam melakukan kegiatan kita di depan komputer seperti mengetik dokumen tugas atau pekerjaan sehari hari maupun dalam bermain game. Hal itu dikarenakan tangan kita mengeluarkan lebih sedikit energi untuk menekan sebuah tombol sehingga masih memiliki banyak tenaga untuk dengan cepat berpindah ke tombol yang lainnya. Selain lebih cepat, tangan kita juga akan bergerak lebih tepat untuk menekan tombol yang kita inginkan, hal ini sangat penting saat bermain game online karena kecepatan dan ketepatan menekan tombol keyboard akan berpengaruh terhadap hasil dari pertandingan yang sedang kita lakukan apakah itu menang atau kalah.

Namun tidak dapat dipungkiri juga bahwa harga yang dibanderol untuk keyboard ini masih cukup tinggi untuk pasaran gamers Indonesia yang notabene sebagian besar masih anak sekolahan. Selain itu karena banyaknya komponen yang ada dalam mechanical keyboard, bobot dari keyboard ini juga menjadi jauh lebih berat dari membrane dome based keyboard. Satu keyboard mechanical dapat memiliki bobot 1kg bahkan sampai dengan 2kg tergantung bahan yang produsen gunakan untuk membuatnya. Pemilihan Mechanical Keyboard juga bisa tergantung pada gaya kamu dalam menekan tombol,  Apakah kamu lebih suka tombol yang memberikan “umpan balik” berupa sedikit hentakan pada tangan? Atau kamu lebih suka keyboard yang ketika ditekan tidak menimbulkan suara berisik? Dengan memperhatikan hal ini, kamu bisa menentukan Mechanical Keyboard dengan switch yang sesuai untuk kebutuhan kamu.

Sumber Rujukan :
https://en.wikipedia.org/wiki/Keyboard_technology
https://en.wikipedia.org/wiki/Switch
http://nixiagamer.com/8-alasan-untuk-menggunakan-mechanical-keyboard.html
https://www.acerid.com/2017/06/ini-tips-memilih-mechanical-keyboards-dan-switch-untuk-gaming/
http://chemicygaming.blogspot.com/2014/09/info-apa-itu-mechanical-keyboard.html


EmoticonEmoticon