Nasib Warnet akankah Bertahan melewati zaman.

Iklan/Advertisment

Nasib Warnet akankah Bertahan melewati zaman. -  Salam sobat, mendengar kata warnet bagi kaliam para gamer pasti akan terbayang tempat yang menyediakan seperangkat komputer yang terhubung dengan jaringan Internet dan syurga seorang gamer, walau terkadang ada warnet yang jorok tapi tetap enak dan asyik menjadi tempat kumpul bersama teman-teman sesama gamer. namun banyak kenangan itu "katanya" akan segera berakhir, warnet akan hilang seperti halnya wartel benarkah demikian, apakah warnet tetap bisa melewati tantangan zaman, dan bagimana nasib warnet kedepannya.



Awal nya warnet menjadi tempat berselancar didunia maya saja, kemudian ke chating online dan menjadi media tempat menonton vidio, dan sampai akhirnya warnet di sandingkan dengan game online, warnet masih bertahan dari masa-kemasa dengan inovasinya, dan peluang yang ada masih sangat banyak. namun awal 2017-2018 ini di ramalkan warnet akan mulai menyusut, kenapa begitu. "katnya" warnet bakalan kalah dengan Smart Phone seperti android dan Iphone, hp-hp pintar itu kini sudah banyak menggantikan peran warnet sebagai tempat akses internet, chating, bahkan bermain game online. warnet pun di ramalkan bakal tenggelam ditelan zaman, dan menyisakan kenangan-kenangan manis nya di masa lampau.

ramalan itu mungkin saja benar namu tidak 100%, nyatanya masih banyak warnet-warnet baru bermunculan, dengan spek komputer semakin wah, dan layanan semakin indah. masih banyak warnet-warnet baru dengan jumlah klien pc hingga puluhan masih dipenuhi oleh para gamer setia. namun banyak juga sih yang menutup dan melelang komputer pc nya. kenapa bisa begini? disuatu sisi ada banyak yang baru buka dn rame dan banyak juga yang tutup dan lelang tempat usahanya.

inilah yang disebut persaingan usaha, warnet dengan pleyanan yang baik, ramah, spek komputer yang handal serta internet yang stabil tentu menjadi pilihan, ketimbang warnet yang kotor, pelayanan kurang baik dan spek komputer seadanya saja, banyak warnet berhenti karena persaingan yang tidak sehat, bersaing tarif semurah mungkin sehingga yang terjadi adalah warnet tidak punya simpanan untuk mengupgrade komputer untuk menggati part yang rusak dan sebaginya, yang dirugikan adalh owner warnet sendiri.lai hal jika kamu seorang sultan yang punya banyak modal dingin sehingga bisa memiliki strategi seperti itu.

Perang harga antar warnet, yang di rugikan adalah warnet itu sendiri

selain persaingan antar warnet yang kurang sehat, ada faktor lain yang membuat bisnis warnet meredup yakni, kurangnya melihat peluang. warnet bisa di sandingkan dengan banyak usaha lainnya, mulai dari kuliner, percetakan, cafe, dan banyak hal lainnya. dengan menawarkan produk lain yang memberikan daya tarik orang untuk datang ke warnet. bahkan ada warnet memberikan pelyanan warnet yang baik komputer yang baik namun dengan paket yang ekonomis, tempat yang sangat nyaman membuat orang main warnet betah berlama-lama, dan diwarnet itu menyediakan berbagai macam makanan mulai dari mie, kopi, teh, snack dan bahkan hingga nasi goreng, pelayan berkeliling dari pc-ke pc menawari pelanggan apakah mau pesan makanan, sehingga penghasilan dari kuliner tadi bahkan lebih tinggi dari paket warnetnya,  apalagi jika mengambil paket malam, tentu banyak pelanggan kelaparan di malam hari, paket cuma 10 ribu sampe pagi tapi beli makanannya mungkin bisa 20-hingg 50 ribu.

warnet kalah melawan HP android? hal itu bisa benar bisa juga salah, nyatanya masih banyak pemain game di warnet, karena apa, layar komputer lebih besar. apalagi ditunjang dengan equip kompuer yang baik dari keyboard yang bagus dan mouse yang tidak murahan. beda pasar antara game hp dan game pc. walaupun sama-sama game. kelas nya sudah berbeda. masih banyak orang membutuhkan tempat untuk sekedar browsing dam print, dan itu biasanya hanya warnet yang menyediakan, anak-anak kuliahan pun masih banyak yang kewarnet untuk mengerjakan tugas. perhatikan kualitas mesin print dan hasil print. mesin printer juga mengundang pengunjung ke warnet lho.

warnet akan redup dan tenggelam seperti wartel adalah isu atau lagu lama yang di setel kembali, ramalan ini sudah sering di suarakan orang-orang yang pesimis sejak mungkin tahun 2009 an kebelakang. "katanya" 3 tahun kedepan warnet aka hilang punah dan sebagainya. namun selama masih ada orang yang membutuhkan tempat atau rumah kedua menghilangkan kepenatan, warnet akan tetap hidup., dan masih akan panjang umurnya.

sobat bisa lihat link dibawah ini yang mendiskusikan tentang meredupnya warnet


thread diatas dibuat tahun 2009, banyak yang berkleuh kesah disitu, banyak yang curhat warnetnya telah tutup, bahkan ada yang meramalkan 2-3 tahun lagi warnet kian meredup. yatanya sampe sekarang tahun 2018 menjelang tahun 2019 masih banyak warnet beroperasi dan banyak juga yang semakin besar, komunitas warnet Indonesia di facebook pun masih banyak thread dan diskusi baru yang di buat walau banyak juga yang curhat warnetnya sepi.

memang benar dari zaman ke zaman warnet di hadapkan dengan tantangan dan cobaan berbagai macam hal. ya tentunya kita sebagai owner warnet harus semakin telaten, bisa melihat peluang, mampu membuat inovasi baru, manajemen haruslah baik, dan sesama owner harusnya saling akur kompak, solid demi menjaga keberlangsungan hidupa warnet janagn bersaing dengan cara yang tidak sehat, "perang harga misalnya" dan tentunya setalh semua usaha dilakukan kita pasrahkan kepada Tuhan. jika memang sudah rezeki tentunya pelanggan tidak akan lari kemana, tak lupa kita berdoa semua warnet kita rame dan minat anak-anak tidak meredup untuk main di warnet.

Jayalah pewarnetan Indonesia.


EmoticonEmoticon