Awas VGA abal-abal ini ciri-ciri nya

Iklan/Advertisment

Awas VGA abal-abal ini ciri-ciri nya - banyak rekat sejawat di jagat pewarnetan Indonesia tertepu oleh produk VGA dengan keterangan spek yang tinggi namun dengan harga yang murah, tetapi setalah di pakai, jauh di luar ekspetasi. nyatanya vga yang dibelu VGA tipuan alias abal-abal.



VGA (Kartu Grafis) berperan penting untuk merender animasi dan visual effect di Games yang kita mainkan. Jadi sebelum membeli VGA pastikan bahwa VGA tersebut bukan dari Vendor/Seller yang tidak jelas.

Jika kamu membeli VGA palsu Contoh ” GT 730 ” Chip GPU dan PCB (Printed Circuit Board) yang di gunakan itu bukan berasal dari Design PCB dan GPU GT 730.

Melainkan bisa menggunakan GT 400 Series atau 600 Series yang tentunya performa mereka akan lebih rendah dari GT 700 Series.

Beberapa ciri yang umum vga abal-abal adalah

  •     VGA abal-abal kebanyakan spek tidak sesuai dengan yang tertulis di dus, di dus bilangnya GT sekian skian tapi kenyataannya ndak bisa diinstall driver yang sesuai. (Untuk download driver nVidia resmi, biasanya di sini: http://www.nvidia.com/Download/index.aspx)
  •     Cek dulu kalau mau beli vga baru dengan harga murah, karena nggak ada garansi resmi dari pabrikannya, plus nggak ada kontak support(web segala macem).Yang ada cuman cd driver sama kabel power
  •     Kebanyakan hanya cocok di windows 7 , untuk versi windows di atas itu, wassalam. Tanya penjualnya kalau nggak percaya.
  •     Driver yang bisa diinstal adalah driver bawaan. Driver resmi nggak bisa diinstall, yah namanya juga abal aba.
  • Merek Vga yang sering kali menipu adalah : Merek Proto*pe , dan Bull*ozer,
  •     Di dusnya tertulis: ‘Compatible with Windows 7’. Logisnya gan, kalau VGA baru (tahun 2013 ke atas), tidak perlu ditulis compatible with windows 7 segala. ‘Compatible with Windows 7’ mengindikasikan kalau versi terakhir yang didukung untuk windows adalah windows 7.
  •     Kualitas printing di dusnya bisa dibilang jelek, bisa dilihat di SS ane di atas. Dusnya pun tampak seperti dus ‘bekas’.
  •     Harganya sangat murah, tapi speknya bagus. Coba cari dulu perbandingannya dengan merk ASUS / yang lainnya. Mungkin ada VGA murah dengan kualitas OK, tapi hampir semua murah itu murahan.
  •     Dusnya tidak bersegel. Kalau beli online ada baiknya tanyakan dulu, dusnya bersegel enggak gan. Kalau enggak segel, lebih baik dihindari.
  •     Pembungkusnya biasanya bubblewrap berwarna (merah). Terus hanya terdapat CD tanpa kartu garansi / buku petunjuk installasi. Kalau asli biasanya ada kartu garansi /  buku petunjuk installasi.
  •     Tidak bisa di ‘googling’ web resmi vendor/ pabrikannya. Well, kalau pengalaman ane sih, yang asli & terjamin kalau dicari di web pasti ada support centernya.
Jika kamu tetap pakai VGA palsu atau aba-abal yang terjadi adalah

1. Performa Tidak Stabil
 
Perlu kamu ketahui, Dalam proses produksi pembuatan GPU/CPU ada proses yang di sebut dengan Binning. Binning adalah proses pemilihan/penyeleksian kualitas GPU/CPU. Jika GPU/CPU memenuhi standard maka GPU/CPU tersebut akan di gunakan, Jika tidak maka akan di buang. Produsen VGA tersebut mengambil keuntungan dari Proses Binning yaitu dengan membeli GPU Chip yang gagal lolos seleksi dan akan digunakan untuk membuat VGA palsu.

Hal itu akan menimbulkan banyak masalah untuk kita nanti, Seperti Performa yang tidak stabil (Underperforming), Game yang sering crash, Error, Dll

2. Driver Tidak Bisa Di Update
Karena menggunakan Gpu chip dan BIOS yang berbeda maka jika kamu download Driver dari situs resmi Nvidia/Amd maka Driver tersebut tidak dapat di install.

Kamu akan Stuck dengan driver bawaan VGA tersebut dan hal itu akan menimbulkan banyak masalah di Game yang akan kamu mainkan nantinya.

3. Muncul Artefak Saat Bermain Game
Saat mode Idle (Tidak melakukan apapun) maka layar monitor akan terlihat normal-normal saja. Akan tetapi jika di gunakan untuk bermain Game apalagi Game yang berat maka biasanya akan muncul Visual Artefak seperti garis-garis atau bintik-intik di layar monitornya. Atau bahkan sama sekali tidak akan mengangkat Game tersebut. Kenapa? Karena GPU chip yang di gunakan terkadang adalah GPU yang tidak lolos seleksi.


Jangan sampai kamu tertipu atau tergiur dengan VGA yang harganya murah apalagi di saat harga VGA yang sedang naik sekarang ini. Pastikan untuk membeli dari Vendor yang jelas seperti Asus, Msi, Zotac, Sapphire, Xfx, Evga, PowerColor, Galax, Inno3D, Palit, Pny, Gigabyte, Dst

Sumber artikel :
https://caisaroentoro.net/2017/01/05/vga-nvidia-prototype-yang-menipu/
https://www.klikmania.net/waspada-produsen-vga-palsu/


EmoticonEmoticon