Macam Jenis Web Browser untuk mengakses Internet

Macam Jenis Web Browser untuk mengakses Internet - kalian pasti sudah tahu apa itu mozila fire fox atau pun google chrome dan mungkin sering menggunakannya, ya dua nama tersebut adalah web browser atau sering kita sebut browser. Web Browser atau yang lebih dikenal browser adalah suatu program atau aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi Internet atau untuk mencari sebuah informasi dari suatu halaman Web/Blog.

Berikut ini adalah macam-macam atau jenis web browser yang sering dipakai oleh orang secara umum.

1.    Mozilla Firefox
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antar platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

2.    Internet Explorer

Internet Explorer disingkat IE atau MSIE, adalah sebuah penjelajah web dan perangkat lunak tak bebas yang gratis dari Microsoft. IE tersedia untuk banyak versi Microsoft Windows, namun Microsoft telah berhenti mengeluarkan versi mutakhir untuk semua platform kecuali Windows XP. Untuk beberapa waktu lamanya, Microsoft juga mengeluarkan Internet Explorer untuk Mac (yang berdasarkan mesin pengarsir yang berbeda) dan versi-versi untuk penggunaan melalui X Window System pada Solaris dan HP-UX, tetapi kini mereka sudah tidak dikembangkan.

3.    Google Chrome



Google Chrome adalah sebuah penjelajah web open source yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek open source ini dinamakan Chromium.

 Fitur-fitur google chrome antara lain :
  1.     Google Chrome terbuka dengan sangat cepat dari desktop Anda.
  2.     Google Chrome memuat laman web dalam waktu singkat.
  3.     Google Chrome menjalankan laman web interaktif, aplikasi web, dan JavaScript lebih cepat dari sebelumnya.
  4.     Google Chrome sengaja dirancang untuk efisiensi, simple dan mudah digunakan:
  5.     Menelusur dan menavigasi ke laman web dari kotak yang sama.
  6.     Mengatur dan mengorganisasi tab semau Anda dengan cepat dan mudah.
  7.     Memasuki situs web favorit Anda hanya dengan satu klik dari thumbnail situs yang sering Anda kunjungi pada laman Tab Baru.

4.    Safari



Safari adalah sebuah penjelajah web buatan Apple Inc. yang awalnya ditujukan khusus bagi sistem operasi Mac OS. Safari dipasang bersama Mac OS X dan merupakan penjelajah web bawaan (default) di sistem operasi tersebut sejak Mac OS X v10.3. Sebelumnya dari tahun 1997 hingga 2003, Mac OS X menggunakan Internet Explorer for Mac sebagai penjelajah web bawaan.

5.    Opera



Opera adalah penjelajah web dan paket perangkat lunak Internet antar platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk Internet seperti penjelajah web, serta perangkat lunak untuk membaca dan mengirim surat elektronik. Opera dibuat oleh Opera Software yang bermarkas di Oslo, Norwegia. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk Microsoft Windows, Mac OS X, Solaris, FreeBSD dan Linux.
Pengembangan Opera dimulai pada tahun 1994. Kala itu Opera merupakan sebuah proyek penelitian di Telenor, perusahaan telekomunikasi terbesar di Norwegia. Hingga Juli 2006, Opera telah mencapai versi 9 yang bisa diunduh gratis. Alasan penggunannya memilih Opera adalah karena Opera dianggap ringan dan cepat dibanding Internet Explorer.

6.    Avant



 Web browser tercepat ini memiliki efisiensi browsing dan pengalaman browsing yang dikembangkan berdasarkan kapabilitas/kemampuan browsingnya.


7.    Arlington Kiosk Browser



Browser ini merupakan browser yang tepat jika anda menginginkan komputer anda terproteksi dengan keamanan dan pilihan filter pada browser ini yang cukup baik.


8.    Desktop Web Browser

Dengan desktop web browser ini, anda dapat melihat halaman web langsung dari desktop, dan juga menyimpannya sebagai wallpaper dengan Desktop Web Browser ini.

9.    Flock

Flock ini merupakan browser sosial internasional dunia pertama yang berbasis pada firefox dengan fitur-fitur menarik untuk memberikan pengalaman berkomunitas sosial di internet sambil browsing. Flock ini sangat cocok buat anda yang suka membuka friendster, mySpace atau Facebook dan situs-situs komunitas lain.

10.    K-Meleon

K-Meleon ini merupakan software browser open source yang mudah, cepat dan bisa Anda kustomisasi karena menggunakan mesin rendering yang sama seperti firefox.


11.    ShenzBrowser

ShenzBrowser merupakan browser alternatif Internet Explorer dengan fungsionalitas yang hampir sama seperti Internet Explorer.

12.    Slim Browser

Slim Browser ini merupakan browser berukuran kecil terbaik dengan banyak fitur seperti pop up browser, integrasi dengan toolbar, keamanan dll.


13.    Swift

Swift ini memiliki kemampuan seperti Flock, yaitu browser berbasis komunitas sosial dan dengan mengedepankan kemampuan untuk integrasi dengan email, chat, dan website-website sosial populer lain seperti Friendster, MySpace, Facebook, dsb.

14.    Wyzo

Wyzo ini merupakan browser yang memprioritaskan kemampuan browsernya pada pengguna yang banyak melakukan download media, seperti video, mp3, dll.


15.    BumperCar

 Browser ini merupakan browser Mac yang stabil dan dibuat khusus untuk anak-anak dengan beberapa pilihan kustomisasi.

16.    Camino

Fungsionalitas dan fitur-fitur pada browser yang baik ini sangat cocok dibandingkan dengan kapabilitas browser safari dan kompetitor lainnya untuk Mac OS.

17.    Omniweb
Omniweb ini merupakan browser pertama untuk Mac, tetapi tidak terlalu begitu populer sekarang.

18.    iCab

iCab ini memiliki banyak fitur yang tidak tersedia pada browser Mac lainnya, iCab merupakan pilihan pas untuk pengguna yang mencari browser yang bisa bekerja baik pada semua MacOS.

19.    Shiira

Dengan berkonsentrasi pada perlengkapan web untuk bahasa, Shiira menjadi Browser Mac dengan dukungan pada 12 bahasa.

20.    SunRise

Browser open source untuk Mac yang berbasis pada framework webkit ini memiliki kecepatan yang sangat cepat.

21.    Amaya

Amaya merupakan editor dan browser web multiplatform. Dengan fitur editornya, Amaya ini sangat cocok disandingkan pada pengguna dengan keperluan kolaboratif publishing dan browsing, seperti webmaster/pemilik web.

22.    Arachne

Arachne merupakan browser grafis dengan berbasis DOS.

23.    Dillo

Dillo merupakan browser berbasis bahasa pemrograman C.


24.    Epiphany
Browser untuk desktop GNOME ini dapat membantu anda untuk dengan mudah memfokuskan pada isi website dengan pilihan import dari browser lain.


25.    HotJava Browser

Dibuat dengan bahasa pemrograman java, browser ini merupakan browser pertama yang dapat berfungsi menampilkan applet java.


26.    Konqueror

Berbasis pada mesin rendering HTML, Konqueror ini merupakan browser open source untuk semua platform, terutama linux yang dapat menggantikan fungsi Internet Explorer.

27.    Links
Browser web yang berumur sangat tua ini untuk jaman sekarang merupakan browser teks open source yang mendukung tabel HTML, tetapi masih banyak digunakan oleh para programmer web.

28.    Lolifox

Lolifox merupakan browser web seperti analogi firefox untuk pecinta animasi dengan banyaknya animasi menarik.

29.    Mozilla SeaMonkey

Browser dari mozilla ini merupakan browser yang cocok untuk kebutuhan browsing seperti integrasi dengan chatting dan fungsionalitas e-mail.


30.    NetScape
Netscape ini merupakan salah satu dari browser tertua dengan maraknya evolusi internet. Browser ini bisa anda gunakan untuk banyak platform dengan fitur-fitur menarik seperti update berita, dll.

31.    Off By One Web Browser

Browser ini merupakan browser terkecil untuk platform windows.


EmoticonEmoticon