Akses Point Outdoor langsung ke HP jarak lebih 100 Meter Mungkinkah??

Iklan/Advertisment
Iklan/Advertisment
Halo sobat, sebagai tukang wifi pemula pertanyaan seperti judul di atas juga pernah ada dibenak saya, ada gak sih alat pemancar wifi atau akses point yang bisa memancarkan wifi 360 derajat kemudian jaraknya bisa lebih dari 100 meter dan langsung konek ke HP. kalau ada berapa kira-kira harganya ya, mungkin begitulah angan-angan kita.

Di hp mungkin akan terlihat signal nama ssid AP nya tapi tidak bisa di koneksikan

tapi nyatanya WIFI adalah komunikasi 2 arah, apa itu komunikasi 2 arah? Komunikasi dua arah atau two ways communication adalah proses komunikasi dimana terjadi timbal balik (feedback) atau respon saat pesan dikirimkan oleh sumber atau pemberi pesan kepada penerima pesan. Jenis komunikasi ini berbanding terbalik dengan komunikasi satu arah, dimana kedua pihak berperan aktif saling berkesinambungan dan memberikan respon terhadap pesan yang dikirimkan satu sama lain.  artinya walaupun akses point anda sangat bagus dan mahal, tetap juga tergantung kemampuan HP yang menerima, HP yang menerima dan mengirimkan sinyal wifi juga harus bagus, namun kenyataannya kemampuan HP menerima sinyal dan mengirimkan sinyal wifi biasanya tidak lebih dari jarang maksimal 50 meter saja, sehingga walau akses point anda mampu mengirimkan signal sampai lebih 100 meter misal nya, hal itu percuma kalau HP menerima tidak bisa meresponnya.


kira-kira perumpamaannya seperti ini, misal anda di dalam masjid dan memberikan pengumuman lewat speaker atau toa, mungkin orang2 disekitar masjid akan mendengar ucapan anda melalui speaker, namun sebaliknya anda tidak bisa mendengar ucapan orang-orang disekitar masjid bukan, karena tidak ada komunikasi 2 arah maka tidak akan nyambung sebuah percakapan. begitu pula dengan wifi harus ada komunikasi dua arah.

menurut para penggiat wifi yang berpengalaman yang saya baca-baca di group penggiat wifi yang ada di fb, walau agak ribet untuk user dengan jarak 100 meter dari lokasi Akses point kita lebih baik di tempat usernya juga di pasang akses point juga ataupun repeater. kira-kira topo loginya seperti ini.

kalau kondisi rumah tetangga berdekatan dan tidak perlu menyebrang jalan cukup dengan kabel saja, menurut pengalaman orang di group penggiat wifi, untuk jarak 50 meter - 100 meter signal masih bagus menggunakan kabel lan tapi gunakan yang kabel lan outdor ya biar tahan cuaca. 

dengan topologi diatas jarak AP dengan lokasi kita bisa sampe 100 meter dan signal masih bagus karena menggunakan kabel, kemudian dari AP di rumah klien ke hp bisa sampai 20 meteran sinyal tetap bagus.

atau juga jika rumah user nyebrang jalan baiknya menggunakan sistem PTP atau Point to point baru di sebarkan menggunakan AP topologinya seperti ini. mungkin agak ribet dan lebih biaya karena perlu membeli beberapa alat, tapi topologi dibawah ini biasanya yang sering digunakan untuk jarak jauh



kesimpulannya Akses Point Outdoor langsung ke HP jarak lebih 100 Meter hampir tidak mungkin dilakukan alias mustahil, namun kita bisa menggunakan cara lain seperti tarik kabel ke User dan menyebarkannya atau menggunakan point to point jika rumah harus melewati jalan raya. sekian semoga bermanfaat.

jika ada tulisan diatas salah atau keliru atau dari para master pengiat wifi yang lebih berpengalaman punya infrmasi bermanfaat silahkan di komen di bawah,

Sumber :
Pengertian komunikasi 2 arah : https://pakarkomunikasi.com/komunikasi-dua-arah
Iklan/Advertisment

0 komentar

Post a Comment