Review Mitra Tokopedia, kelebihan dan kekurangan

Iklan/Advertisment
Iklan/Advertisment
yuhuuu sobat warnetgea.com, postingan ini admin akan share pengalaman menggunakan aplikasi mitra tokopedia. seperti yang kita ketahui dari iklan aplikasi mitra tokopedia ini merupakan aplikasi belanja dan penjualan pulsa dengan harga grosiran. mulai dari sembako, pulsa elektronik, tagihan telkom, tagihan pdam, sampe tagihan listrik bisa di bayar lewat aplikasi mitra tokopedia ini.

oh ya sebelumnya kalian bisa download mitra tokopedia di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tokopedia.kelontongapp&hl=in

1. Tampilan


mitra tokopedia memiliki tampilan seperti tokopedia di dominasi marna hijau-hijau dan putih, menu serta navigasinya terlihat jelas dan mudah dipahami. dibagian atas ada 3 tampilan opsi pembayaran yakni menggunakan saldo mitra, saldo OVO, kemudian pembayaran dengan Tempo atau cicilan. dibagian tengah ada menu-menu tampilan pembayaran dari mulai barang-barang grosiran sampai pembayaran pulsa, bpjs dan lain-lain. di bagian bawah sendiri ada menu-menu seperti beranda, transaksi, bantuan dan menu akun.



2. Kelengkapan barang/jasa


untuk barang-barang sembako admin belum bisa mereview karena di lokasi admin sendiri belum tersedia untuk pembelian barang grosir karena kebetulan alamat admin jauh dari kota-kota besar. sementara untuk barang-barang virtual seperti pulsa elektrik pembayaran bpjs dan lain-lain cukup lengkap, namun untuk pembayaran tagihan telepon prabayar belum ada menunya, yang ada hanya tagihan pembayaran telkom/indihome.



untuk admin sendiri karena admin basicnya adalah warnet tentunya lebih ke penjualan voucher game, untuk jenis vouchernya sendiri cukup lengkap dari mulai mobile legend sampai dengan voucher steam. bisa kalian lihat dibawah ini.


3. Harga yang ditawarkan


Harga yang di tawarkan sangat-sangat kompetitif dengan kompetitor sejenis disini admin hanya bebicara seperti barang/jasa virtual seperti pulsa, paket data, voucher game dan sejenisnya. harga pulsa dan paket data bahkan kadang lebih murah dari aplikasi sejenis.




Harga steam wallet di mitra tokped
Harga di coda shop
Harga di Unipin


untuk harga voucher game standar lah hampir sama, namun untuk steam wallet harganya bisa saya bilang lebih mahal dari yang lain. misalnya saja steam wallet rp 12 ribu di mitra harganya sampai rp 15 ribu sedang di tempat lain misal di unipin atau di coda shop harganya bisa 14 ribu atau bahkan 13 ribu rupiah saja.

4. fitur print out


mitra tokopedia sudah menyediakan sistem pembuatan struk, dan harga ke konsumen bisa di edit agar print out yang keluar adalah harga penjualan kita ke konsumen bukan harga yang kita beli dari mitra tokopedia, hal ini pentig untuk penjualan token litrik pln atau pembayaran bpjs, karena biasanya costumer meminta struk bukti pembayaran.



print out bisa menggunakan printer thermal, yang ada blue toth nya ya

Contoh print out


kekurangnyanya adalah kita harus selalu input data layanan toko terus menerus saat akan buat struk agak sedikit ribet sebenrnya, namun mungkin mudah-mudahan kedepannya akan ada update untuk ini.

5. Cara Top Up


untuk topup saldo mitra tokopedia sangat simple, tinggal klik isi pada saldo mitra kemudian pilih nominalnya dan klik bayar, biasanya admin pakai metode pembayaran lewat alfamart atau indomaret, nanti akan keluar kode pembayaran, misalnya 1 juta kadang ada biaya admin 2500 rupiah tapi pas kita bayar di indomaret ternyata ada potongan 2500 jadi kita hanya bayar pas 1 juta saja.

selain saldo mitra kita juga bisa menggunakan saldo ovo namun, penggunaan saldo ovo tidak bisa melakukan pembayar di aplikasi mitra sampai dengan 400 ribu ke atas. disinilah yang saya agak bingung. kenapa ndak bisa beli via ovo sampe 400 ribu ke atas sedang beli lewat tokopedia bisa, kemudian kita tidak bisa top up saldo mitra menggunakan saldo ovo kita dan sebaliknya, agak aneh sih seharunya kan sudah ter intregasi kan ya. misalnya kita tidak bisa menggunakan saldo ovo untuk topup saldo mitra seharunya kita masih bisa topup ovo pakai saldo mitra kita tapi nyatanya juga tidak bisa.

6. Kesimpulan


demikian ulasan saya mengenai aplikasi ini, yang saya suka dari aplikasi ini sangat simpel dan ada print out struk yang bisa di edit harganya, harga pulsa dan paket data yang kompetitif ,  sedang yang kurang saya suka adalah pembatasan penggunaan saldo ovo dan juga beberapa harga voucher yang lebih mahal dari aplikasi lainnya.

Demikian review saya tentang Mitra Tokopedia, kelebihan dan kekurangan semoga bermanfaat.
Iklan/Advertisment

0 komentar

Post a Comment