cara merapikan kabel-kabel di warnet

Iklan/Advertisment
Iklan/Advertisment
Keberadaan kabel-kabel ruwet dan berantakan, terkadang bisa merusak tatanan interior warnet yang sebelumnya sudah cantik. berikut ini beberapa tips agar kabel di warnet anda jadi rapih.


# Perangkat #

- Pra Instalasi. Sebelum perangkat seperti modem, hub, router dipasang ke dinding ada baiknya di-setting terlebih dahulu, misal modem setting IP address, router seperti mikrotik setting mangle dan bandwidth, dsb, agar tidak repot saat pemasangan nantinya.
- Tata Letak. Bikin perencanaan peletakan perangkat terlebih dahulu. urusan kabel nanti bisa mengikuti. tandai dan ukur jarak antar lubang2 sekrupnya. gunakan fischer utntuk memasang sekrup ke tembok beton. 




# Pengkabelan #

- Cable Duct. Atau disebut juga rel kabel, biasanya tersedia di toko2 elektronik, bangunan, maupun toko perkakas. banyak variasi bentuk dan ukuran sesuai kebutuhan.



- Cable Clip. Tidak semua kabel mesti dibungkus cable duct, apalagi jika hanya untuk 1 atau 2 untai kabel dan cukup panjang. tersedia berbagai ukuran, dan selalu minta yang paku beton.



- Cable Ties. Gulung dan ikat kabel2 yang berlebih agar tidak menjuntai dan menimbulkan kesan berantakan. untuk yang dipuntir (twist) tersedia yang gulungan meteran.




Sumber postingan dan gambar : Group FB KWI, Google
Iklan/Advertisment